Saturday, November 20, 2010

Belajar Membuat Blog

Sumber: www.AnneAhira.com

Tidak ada hal yang sulit untuk dilakukan apabila kita mau belajar untuk hal-hal yang baru diketahui. Pada umumnya orang berinternet memiliki tujuan bukan hanya untuk belajar namun juga untuk mencari informasi dengan memanfaatkan mesin pencari google. Dengan hal ini proses belajar seseorang akan lebih mudah dibandingkan dengan zaman sebelum adanya internet.


Salah satu cara untuk belajar dengan mudah yaitu dengan mempergunakan blog.


Belajar di dalam dunia maya internet jauh lebih luas dibandingkan lautan samudra karena belajar di sini tidak berbataskan oleh ruang dan waktu. Dengan website pribadi yang diciptakan, belajar interaksi sosial tidak hanya sebatas teman sekerja atau lingkungan RT/RW, tapi dengan masyarakat pengguna internet sedunia yang dapat dimanfaatkan untuk saling memberikan informasi.


Berikut ini beberapa cara yang dipergunakan untuk belajar membuat blog bagi seorang pemula. Pertama kali untuk belajar membuat blog syarat mutlak membuat sebuah blog adalah harus mempunyai alamat email yang masih aktif, jika belum punya silahkan buat dulu. Anda boleh membuat alamat e-mail dimana saja, misalnya yahoo.com, gmail.com, dan lainnya.


Memang dalam belajar membuat blog ini dibutuhkan sebuah ketelitian yang cukup baik sehingga hasil dari proses belajarnya mendapatkan hasil yang optimal. Kemudian setelah kita telah memiliki alamat email tersebut buka situs-situs untuk belajar membuat blog yaitu blogspot maupun wordpress.


Disini akan dijelaskan bagaimana belajar membuat blog di situ blogspot. Tahap selanjutnya di dalam membuat blog yaitu masukan alamat email yang telah dimiliki. Setelah itu akan muncul form pendaftaran yang harus diisikan agar dapat mengaktifkan blog baru yang akan dibuat. Dibutuhkan kesabaran yang lebih dalam belajar membuat blog ini karena memang membutuhkan koneksi yang cukup besar.


Setelah melengkapi form yang ada kemudian pilih lanjutkan. Kemudian pilih template atau desain standar dari blogger.com. Pilih salah satu kemudian klik lanjutkan. Didalam kotak ini akan ditemukan kotak-kotak isian yang harus diisikan yaitu Nama Pengguna/User name : Isikan nama anda, asalkan lebih dari 4 karakter/huruf.


Nama ini akan muncul menyertai tulisan yang anda terbitkan/publikasikan di blog anda sebagai penulis/author. Jika tidak ingin nama anda muncul, silahkan isikan dengan nama samaran. Nama


Pengguna tidak dapat disunting atau diubah, oleh sebab itu pikirkan terlebih dahulu sebelum anda menulis kotak pengguna ini. Namun disarankan untuk mengisi nama asli anda, sebab pada dasarnya membuat blog/situs antara lain untuk menunjukkan pada dunia bahwa anda ada dan punya ide dan informasi.


Kemudian yaitu kata Sandi/Password. Bagi orang yang baru pertama kali belajar membuat blog isi bagian ini dengan kata sandi anda tapi mudah diingat oleh anda. Sandi ini bersifat rahasia, usahakan hanya anda yang tahu, kecuali anda menginginkan orang lain ikut berpartisipasi mengisi blog anda.


Apabila terdapat tampilan blok merah pada isian yang anda tulis anda atau catatan terhadap jawaban anda, artinya anda harus mengganti tulisan/jawaban tersebut, karena ada orang lain telah menggunakan nama/tulisan yang sama.


Alamat URL yang sama dengan yang anda pilih. Setelah selesai proses pembuatan account ini, anda bisa memulai posting. Cara belajar mengisi blog untuk pertama kali yaitu dengan cara login kembali ke situs blogspot, masukkan username (menggunakan e-mail) dan password.


Kemudian pilih posting. Ketikkan judul dan isinya pada kolom yang tersedia, dan gunakan tombol-tombol di bagian atas isi kolom isi posting atau gunakan perintah tombol yang tertulis di bagian bawah kolom posting. Kemudian klik terbitkan entri untuk mempublikasikan posting anda.


Dalam belajar menggunakan blog memang dibutuhkan latihan untuk sering mempergunakan blog, sehingga terbiasa untuk mempergunakan blog secara keseluruhan. Proses belajar ini memang membutuhkan waktu agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

No comments:

Post a Comment